Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebangkitan Nasional Mewujudkan Semangat Berinovasi

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/pencarian/inovasi/

Lalu lalang kendaraan di pagi ini dihiasi Batik biru KORPRI yang khas. Para Pegawai Negeri bersegera untuk mengikuti upacara memperingati hari Kebangkitan Nasional ke-114 tanggal 20 Mei tahun 2022.  

Penggunaan masker tak lagi wajib bagi peserta upacara kali ini. Dari pandemi  perlahan menjadi endemi. Begitulah kira-kira dinamika transisi covid-19 di Indonesia hari ini. Setelah kurang lebih 2 tahun sejak awal April 2020 silam pemerintah mewajibkan penggunaan masker bagi masyarakat dalam melaksanakan kesehariannya.

Sejalan dengan dinamika tersebut, Pemerintah Indonesia mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama". Tema ini diangkat agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah menyerang dan turut berefek di segala sendi kehidupan.

Menelusuri makna kebangkitan nasional tak akan lepas dari kiprah berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo didirikan pada 20 Mei 1909 membawa semangat perubahan menuju bangsa Indonesia yang lebih baik. Mengamati, menangkap peluang, dan terus bergerak menyesuaikan diri dengan perubahan adalah kunci organisasi ini berkembang sehingga menciptakan pergerakan nasional yang menjadi tonggak perjuangan Bangsa Indonesia hingga menggapai kemerdekaan.
Dr. Sutomo
Sumber  : http://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Berkaca pada sepak terjang para tokoh yang membangun pondasi kebangkitan nasional di Indonesia, sudah sepatutnya sebagai bangsa yang berkembang kita terus bangkit membuka peluang-peluang baru, bertransformasi  dengan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.
ilustrasi inovasi
Sumber : https://www.pexels.com/

Dilansir dari data rilis World Intelectual Property Organization (WIPO), bagian dari PBB yang mengelola data properti intelektual, jika dibandingkan dengan negara lain yang tergabung dalam organisasi ASEAN, Inovasi Negara Indonesia masih tertinggal bahkan berada di bawah tetangga kita Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Padahal Pendapatan Domestik Bruto yang dimiliki Indonesia lebih tinggi dari negara-negara tersebut.

Kondisi tersebut tak harus diratapi, namun dijadikan pemantik semangat dan bergegas mengejar ketertinggalan. Momentum kebangkitan nasional dimaksimalkan untuk membangkitkan gagasan-gagasan segar menjadi gerakan perubahan, menciptakan harmoni melalui inovasi yang bermanfaat.

Pengembangan Inovasi dengan memanfaatkan teknologi baru sangat diperlukan. Inovasi mampu menghadirkan efektivitas dan efisiensi dalam menjalani kehidupan,meningkatkan kualitas pelayanan publik dan juga memberikan nilai lebih terhadap suatu produk sehingga berdaya saing tinggi di era globalisasi.

Selain itu, diharapkan banyak Inovasi yang menghadirkan multiplier effect (efek berganda) pada upaya percepatan pemerataan pembangunan, pengentasan kemiskinan, inklusif dan kesetaraan di seluruh tanah air. Inovasi yang berimplikasi pada peningkatan pendapatan masyarakat maupun penyerapan tenaga kerja . Mengobati ekonomi nasional yang sempat lesu menjadi bugar, demi mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.



Posting Komentar untuk "Kebangkitan Nasional Mewujudkan Semangat Berinovasi"